Monday 16 July 2012

Aplikasi Berbasis Layanan Cloud

No comments



Tujuan :

  1. Memahami dan dapat menggunakan konsep Cloud Computing 
  2. Memahami dan dapat menggunakan Google Docs 
  3. Memahami dan dapat menggunakan Google Calendar 

MARI KITA BAHAS SESUAI DENGAN TUJUAN MODUL:
Memahami dan dapat menggunakan konsep Cloud Computing

CLOUD COMPUTING

Nah ini pengertian dari cloud computing “Cloud Computing adalah suatu paradigma di mana informasi secara permanen tersimpan di server di Internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (client) termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan lain-lain.”

Pada ngerti g?? wah sama kalu gitu…ydah ini singkatnya…
sebelumnya kan kita udah membahas web 2.0 nah penerapan dr Web 2.0 itU adalah cloud computing…lebih tepatnya konsep..
Office Web App

Office Web App merupakan layanan baru yang disediakan oleh raksasa software, Microsoft Corp. Office Web App menerapkan konsep cloud computing untuk urusan office. Jadi aplikasi office seperti word, excel, power point, dan one note dapat diakses pula secara online.

1. Buka browser anda lalu login dengan Windows Live ID atau MSN Passport Anda ke

situs SkyDrive di http://skydrive.live.com. Setelah login, Anda harus merubah setingregional di account Anda ke regional USA karena untuk sementara Office Web App ini baru tersedia untuk regional USA saja.

2. Masuk ke alamat http://profile.live.com/details/EditContact.aspx. Lalu di bagian Country/ region pilih United States.

3. Masuk ke alamat http://home.live.com/options/language Lalu klik pilihan English (English

4. Masuk ke alamat https://account.live.com/EditProf.aspx?mkt=en-us&rp=SummaryPage Lalu di bagian Country/region pilih United States.


5. Kemudian kembali ke halaman home anda dan klik Office, pilih document yang akan anda buat

Word,Excel ,Power Point,One Note



Google Docs adalah sebuah fasilitas online yang disediakan Google untuk membuat dokumen secara online



Google Docs bisa anda kunjungi di alamat http://docs.google.com. Google Docs dapat digunakan apabila kita sudah memiliki account email yang terdaftar di google. Dengan menggunakan Google Docs, kita dapat membuat dokumen surat, dokumen Spreadsheet, dan dokumen presentasi secara online. 




Google Calendar




Ini adalah aplikasi manajemen waktu dimana kamu dapat mengatur jadwal rapat dikantor atau sebagai pengingat hari spesial dengan orang yang kamu sayangi. Kamu dapat memberikan keterangan pada jadwal seperti judul, keterangan, pengingat dalam bentuk alarm, dll. yang mendukung teknologi web yang sesuai. Tidak seperti perangkat lunak desktop Microsoft





Ada tujuh alasan mengapa google calendar sangat powerful sebagai aplikasi manajemen waktu untuk Anda, antara lain:

  1. Share jadwal Anda 
  2. Kalender dapat dibawa kemana-mana 
  3. Tidak lupa terhadap acara tertentu Google calendar memiliki fitur untuk memberikan notifikasi 
  4. Dapat mengajak teman dan mengetahui respon dari teman tersebut dalam suatu acara Apabila Anda ingin mengajak seseorang dalam suatu acara tertentu, pilihannya bisa melalui google calendar, Anda bisa mengirimkan invitation untuk mengajak seseorang bergabung dalam acara orang lain, serta Anda bisa melihat bagaimana respon dari orang tersebut 
  5. Dapat disinkronisasikan dengan aplikasi desktopKita dapat mengakses google calendar melalui sinkronasi terhadap aplikasi desktop, seperti Microsoft Outlook, Apple iCal dan Mozilla Sunbird. 
  6. Akses offline 
  7. Gratis

No comments :

Post a Comment