Monday 16 July 2012

Web Browser

No comments

TUJUAN
  1. Memahami dan dapat menggunakan web browser
  2. Mengetahui dan memahami perkembangan web 2.0
  3. Mengetahui dan memahami perkembangan aplikasi pendukung internet
  4. Engenal lebih jauh mengenai forum internet

1.     Memahami dan dapat menggunakan web browser
Web browser adalah perangkat yang berfungsi  menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen yang di sediakan di server.
contoh web browser: internet explorer,Mozilla firefox,goggle crome dll.
Cara mengguakannya yaitu dengan mengeklik web browser yang kita miliki  kemudian masukkan alamat web yang ingin kita tuju, tu nggu loading,dari web browser kita bias memasnag berbagai add ons(merupakan tambahan aplikasi yang di pasang pad aweb browser,)untu berbagai masalah tertentu terkadang kita harus menyetel settingan web browser kita,misal tidak mengesave password yang kita input.
2. Mengetahui dan memahami perkembangan web 2.0
Apa sih web 2.0 itu??
Kegunaannya apa??
Nah mari k ita bahas 2 pertanyaan tadi…web 2.0…..hmmmm pasti di benak kalian muncul pertanyaan lagi “kalau ada web 2.0 berarti ada web 1.0 dong???
Yup bner sekali….definisi web 2.0 sebenarnya sih perkiraan dari para ahli dalam perkembangan web ke depannya,nah makanya meraka menamai dengan web 2.0 yang artinya perubahan dari web 1.0(ini menurut gua). Berikut perkiraan meraka tentang web 2.0 sebagai berikut:
  1. .web 2.0 dapat menjalankan aplikasi secara online, jadi seumpama kita ingin mengetik tidak perlu mempunyai aplikasi ms word,kita Cuma butuh web browser dan konek dengan internet saja.
  2. Adanya partisipa pengguna dalam kolaborasi ilmu pengetahuan, dari sini kita tahu lw kita ngetik d aplikasi n agar bias d share dg orang lain kita harus upload file dulu,maka dari itu dengan web 2.0 ini karena kita ngetik di web jadi semua orang otomatis sudah bisa share.
  3. Dengan adanya web 2.0 maka para pembuat aplikasi  tidak akan meluncurkan aplikasi secara fisik,jadi meraka hanya menawarkan jasa dengan aplikasi meraka di web.
  4. Softwere tidak terbatas pada perangkat tertentu(sesuai dengan web sebagai platform) mksdnya seandainya kita  pakai handphone kita bisa buka aplikasi computer dengan iterhubung dengan internet.
Kemudian perbedaan antara web 1.0 denga web 2.0 adalah web 1.0 harus mendatangi satu persatu konten, namun di web 2.0 tidakuntuk melihat salh satu konten tidak harus menuju ke alamta situs yang bersangkutan.
#Nah ngerti kan anrti dari web 2.0…..kalau msiah g ngerti cari aja d google.hehe promosi ni…..!!!!!
3.     Mengetahui dan memahami perkembangan aplikasi pendukung internet

Sebelum kita membahas perkembangan apalikasi nya kita bahas dulu penhgertian dari aplikasi pendukung internet. Aplikasi pendukung internet adalah suatu aplikasi yang digunakan untuk membuka konten yang ada pada intenet, sbgai contoh di suatu web ada  video  maka kita butuh aplikasi pasangan untuk memutar video tersebut  dalam situs.
Nah sekrang  baru kita bahas pekembangan dari aplikasi pendukung internet tadi, suatu alamt web dulu munkin hanya menyajikan teks atau tulisan saja pada webnya, seiring dengan perkembangan teknologi web tersebut terus di perbaiki hingga menjadi sekarang ini,sudah banya web yang menampilakan berbagai tampilan yang canggih,seperti vide, video streaming,audi,dll.
Contoh aplikasi:
  1. Adobe air dan flash
Adobe air digunakanuntuk mengolah data yang ada pada computer client
Sedangkan adobe flash apliksi yang digunakan untuk membuat animasi yang berstandar bitmap.
2. Microsoft Silverlight
Digunakan untuk menjalankan multimedia,grafik, animasi dalam waktu yang bersamaan.
3. Email
Digunakan untuk berkirim pesan kpada pengguna intrnet yang lain.
4. Scribd dan slideshare
Scribd digunakan untuk saling tukar  dokumen denga format sesuai keinginan
Slideshare digunakan untuk mencari dokumen presentasi yang kita inginkan.
4.     Engenal lebih jauh mengenai forum internet

  1. Pengertian: forum internet adalah fasilitas yang tersediad di internet yang di gunakan untuk diskusi.
  2. Sejarah : forum berbasis internet sudah di kenal sejak tahun 1995,fungsinya mirip bahkan lebih baik dari dari papan bulletin  1980 an.
  3.  Contoh forum internet
    1. StudentIttelkom:Pertman merupakan portal mahasiswa yang kemudia berkembang menjadi  komunitas mahasiswa Indonesia yang kemudian merangkul  kegiatan  kampus .
    2. Kaskus:Merupakan form diskusi terbesar di Indonesia.
    3. Toko bagus:Merupakan situs untuk menjual atau membeli.
4.  stackoverflow: situs Tanya jawab pertanyaan pemrograman dengan system rangking.
5.  deviantart: kumpulan karya seniman seluruh dunia,saling belajar dan bebagi ilmu.
6. kompasiana: yaitu meida warga untuk me nyampaikan peristiwa,gagasan,atau aspiirasi yang meraka punya.


No comments :

Post a Comment